12 Jenis Strategi Pemasaran Yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Disadari ataupun tidak, iklan secara tidak langsung akan membujuk dan merayu para calon konsumen untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan. Pengendalian dan perencanaan iklan yang baik sangat tergantung kepada efektivitas iklan. Kebanyakan ukuran efektivitas iklan bersifat terapan, yang berurusan dengan pelaksanaan iklan dan kampanye khusus.

Public Relations merupakan suatu fungsi strategi dalam manajemen yang melakukan komunikasi untuk menimbulkan pemahaman dan penerimaan dari publik. Dalam proses penerimaan publik ini, perusahaan perlu memperhatikan hubungan yang harmonis dengan masyarakatnya, seperti terbuka, jujur, fair, konsisten, dan tidak mengasingkan diri. Promosi juga merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran, dan sering dikatakan sebagai “proses berlanjut”.

Untuk menaikkan frekuensi pembelian biasanya dapat dicapai dengan memberikan informasi mengenai penggunaan-penggunaan yang baru untuk suatu produk . § Pemasaran dari mulut ke mulut, hal ini dapat bersifat on-line atau of-line, dimana memiliki tiga karakteristik antara lain; kredibel, pribadi, tepat waktu. § Sikap merek, mengevaluasi merek dengan memperhatikan kemampuan anggapannya untuk memenuhi kebutuhan relevan saat ini. Kebutuhan merek relevan mungkin berorientasi negative atau berorientasi positif .

Dalam arti lain bahwa kreatifitas adalah penggabungan ide-ide yang telah ada untuk menciptakan sesuatu yang baru (Roman, Maas & Nisenholtz, 2005). Metode ini membeberkan beberapa iklan alterlantif kepada sebuah panel konsumen dan meminta mereka untuk menentukan peringkat masing-masing iklan ini. Metode penentuan peringkat langsung ini digunakan untuk mengevaluasi kekuatan sebuah iklan atas kemampuannya memperoleh perhatian.

Biasanya saat brainstorming tim kreatif menggunakan strategi tertentu dalam eksekusi kreatif. Strategi tersebut dengan cara melantur, lanturan disengaja untuk tujuan tertentu dengan tetap menjaga relevansinya, maksudnya adalah melantur sejauh-jauhnya namun merelevansikan sedekat-dekatnya . Tak heran, selama kuliah Komunikasi Advertising, pelan-pelan kesadaranmu akan bagaimana iklan disampaikan pada publik akan terbangun. Melewati baliho saat melintas di jalan, atau menerima flyer saat jalan-jalan di mall, hingga melihat iklan produk di Instagram akan menjadi hal serius sehari-hari yang bisa memicu analisismu. Kamu suka memanfaatkan jeda commercial break acara televisi favoritmu untuk mengambil cemilan di dapur atau menyelesaikan hajatmu di kamar mandi?